Cetak Gol Debut Pakai No. 10, Ansu Fati Bantu Barcelona Tundukkan Levante Yosua Arya

By ommed


nusakini.com - Blaugrana meraih kemenangan perdana di bulan September saat menjamu Levante, setelah sebelumnya menelan dua hasil imbang dan satu kekalahan.

Barcelona terpaksa tidak memainkan Frenkie de Jong yang mendapatkan kartu merah pada pertandingan sebelumnya. Selain itu, mereka juga tidak didampingi oleh manajer Ronald Koeman, yang juga diusir oleh wasit pada laga kontra Cadiz, Jumat (24/9) WIB.

Memphis membuka keunggulan Barca ketika laga baru berjalan enam menit. Dia mendapatkan hadiah penalti setelah dilanggar oleh Nemanja Radoja di kotak terlarang. Pemain internasional Belanda tersebut berhasil mengeksekusi penalti dengan tenang dan membuat Barca unggul.


Tak butuh waktu lama bagi tim Catalan untuk menggandakan skor. Pemain Belanda lainnya Luuk de Jong menambah keunggulan pada menit ke-14. Penetrasi Sergino Dest dari sisi kiri berhasil membuka celah dan memberikan sang striker kesempatan untuk mencari ruang.

Dest kemudian mengirimkan umpan terukur kepada De Jong, dan penyerang tersebut berhasil memanfaatkannya untuk dia konversikan menjadi gol.

Gol yang dicetak Memphis dan De Jong adalah pertama kalinya sejak Maret 2009 untuk dua pemain Belanda mencatatkan namanya di papan skor bagi satu tim yang sama di La Liga. Mereka menyamai catatan Klaas-Jan Huntelaar dan Arjen Robben saat masih berseragam Real Madrid.


Selain itu, dua gol yang dicetak Blaugrana pada 15 menit pertama pertandingan merupakan kali pertama baig Barca membuat catatan tersebut di bawah asuhan Koeman - meski dia saat pertandingan ini tidak ada di bangku pemain.

Di babak kedua, Barca tidak mengendurkan serangan mereka, dengan Memphis masih terus memberikan tusukan-tusukan dari sisi kiri penyerangan mereka.

Pada menit ke-81, Ansu Fati, pemain yang telah absen lebih dari sepuluh bulan, akhirnya kembali turun ke lapangan, dengan dia melakoni debutnya mengenakan nomor punggung 10 - peninggalan megabintang Lionel Messi yang hijrah ke Paris Saint-Germain.

Namun, tak hanya kembali bermain, Fati juga mencetak gol pada pertandingan perdananya kali ini. Setelah pada menit ke-91, sepakannya dari luar kotak penalti tak mampu dibendung oleh penjaga gawang Levante Aitor Fernandez.

Tambahan tiga poin ini membuat Blaugrana duduk diperingkat kelima klasemen La Liga, dengan torehan 12 poin dari enam pertandingan, sementara itu, Levante harus puas berada di posisi ke-17, setelah hanya mampu mengumpulkan empat poin dari tujuh laga. (gi/om)